Pengalaman pertama ama si otang

2bulan terakhir ini lagi demen ngoprek-ngoprek di dapur. Bocah semakin gede semakin muncak daya ngemilnya. Sebagai emak peduli lambung anak tentu mesti sigap mengantisipasi kondisi ini. Kebanyakan yg di-oprek pun resep-resep manis, seperti kue, roti, olahan coklat bla2.

Soal resep?, segambreng di sosmed. Satu resep bisa puluhan kali di-share dalam sehari. Yah qodaruLlah juga gabung ama grup masak yang doyan siar resep-resep, shahih setelah praktek dari dapur para anggota-nya.

Diawali serba ngukus, saya pun mulai ingin merambah ke panggangan. Yah pas juga, si partner lagi ada dana lebihan dapat tawaran mau beli “mainan” apaan. Hehe.. oven pertama-kuuu tunggu daku.

Setelah googling sanasini, hanya ada 3tipe yang kita kenali : oven gas, oven listrik ama oven kompor. Pilihan saya jatuh ke oven kompor, yah apalagi kalo bukan ama oven legendaris, oven tangkring. Sempat sih kepincut ama oven listrik-nya Kirin.. tapi dari banyak masukan para baker senior, saya bulat milih otang saja.
Adapun alasan si otang jadi oven pertama saya :
1. Ngikut saran para baker senior, saya mah apah gituh.. mereka merekomendasikan otang, karena reputasi-nya memang sudah mahsyur sejak dulu. Lebih bisa diandalkan untuk pemula.
2. Gak perlu horor ama lonjakan listrik (yaeyalah). Dibanding olis yang memang kebanyakan pake watt tinggi.
3. Soal tampilan emang gak se-elegan olis dan oven gas sih. Tapi sebagai pemula, saya lebih senang dipuaskan ama hasil aja lebih dulu. Maklum emak fungsional.
4. Murah. Well ini relatif sih. Namun jika dibandingkan ama olis dan oven gas, jelas otang paling murahmeriah. Saya di Makassar, beli di Alaska seharga 410rb.
5. Sebenarnya juga nih sy naksir ama oven gas(haha..emak maruk), soalnya liat punya bumer cakep aja klo modelnya nyatu ama kitchen set. Hanya saja, dapurku gak seluas milik beliau. Hiks.. cukuplah saya di otang saja.
6. Sekali lagi..karena ini cocok ama pemula. Buat bikin aneka bolu, roti, kue kering..

image

Otang brand HOCK no.3

Untuk pemakaian pertama, tinggal dipanasin aja. Ada yang saranin sih masukin daun pandan biar bau besi-nya bisa cepat ilang. Berhubung gak ada daun pandan, udah aja saya panasin kosong gitu.
Awal pemanasan, akan keluar asap dengan bau besi terbakar. Gak apa-apa..gak lama kok. Sekitar 15-20menit. Matikan trus panaskan lagi.
Saya mengulangi 2kali saja, setelah itu bau besi-nya sudah hilang.

Tiba saatnya, kue panggang pertama saya-pun siap dibikin. Pilihan jatuh ke kue kesukaan saya ama bocah, brownies coklat.

image

Shiny crust-nya dapettt

Langsung sukses, panggangan oke, tanpa bau aneh-aneh. Shiny crust-nya dapet..hal yang gak bisa ditemukan dari ngukus, huhu. Toss lah ama si otang.
Ini nyoklat banget, next saya share resepnya yaa. Abaikan penampilan berantakannya.

2 responses to this post.

  1. Selamat puank, sebagai pengguna olang qta lbh hemat sebetulnya, hehehe….

    Saya termasuk salah satu pengguna olis, kebetulan merek Kirin, kebetulan juga haratis karena hadiah nikahan dari kantor, kebetulan juga ada temen kantor yg kasi kado mixer. Alhasil dulu jaman instriku lagi hamil n butuh cemilan, seringka buatkan doi kue bolu. Rasa? tanya mi sama istriku😀

    Klo sekarang olisnya lebih sering istriku yg pake, panggang2 ayam, macaroni keju, macam-macam mi dia buat, hehehe…

    Btw add ka juga ke grup resep2 ta puank nah😀

    Reply

  2. Iya..sy jg ada rencana dari otang upgrade ke olis. Kirin jadi dambaan, watt kecil. Tapi seben2 dlu ah..*itungrecehan*.😀

    Btw..Bukan grup-ku. Grup fb, grup para emak dgn sgambreng resep..sy jg termasuk silent reader, maklum pemula..masih lebih suka ngumpet2 belajarnya. Coba sj add langsungenak.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s