Binte Bilahuta Kuliner Khas Gorontalo

Selasa malam kemarin saya berkesempatan lagi menikmati salah satu sajian khas kuliner dari kota Gorontalo. Mumpung masih di manado. InsyaALLAH sekitar 3 minggu ke depan, saya akan kembali ke kota Makassar. Beginilah efek jadi  pengekor suami, kemana suami bermutasi di sana pula saya berada. *gakpenting.com*.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua.

Kembali ke topik sajian khas kuliner dari kota Gorontalo. Adalah Binte Biluhuta namanya, atau lebih dikenal dengan nama Milu Siram. “Binte” berarti jagung. Warga setempat juga sering menyebut “Binte” dengan “Milu”. Sedang “Biluhuta” berarti siram. Sehingga “Binte Biluhuta” dapat diartikan sebagai jagung yang disiramkan.

Tak banyak sajian Binte Biluhuta yang dijual di kota Manado. Tapi jika anda ingin mencicipi sajian khas kebanggaan orang Gorontalo ini, anda bisa mendatangi Kawasan Boulevard, yang letaknya persis depan jalan masuk Manado Town Square. Hanya berseberangan dengan jalan, anda sudah dapat menikmati pemandangan lautan lepas. Kawasan warung kopi yang terletak di pinggir jalan ini dibuka mulai dari pukul.5 sore hingga tengah malam. Dan acapkali ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya sambil minum kopi ataupun menikmati berbagai panganan khas seperti pisang goreng, goroho(pisang muda goreng), sarabba termasuk suguhan binte biluhuta.

Kawasan Pinggir Boulevard

Kawasan Pinggir Boulevard

Saya termasuk orang yang sangat suka dengan binte biluhuta. Pertama kali mencicipinya di kota asal binte biluhuta, Gorontalo. Jagung yang disiram dengan air kaldu ikan ini, sukses menarik lidah saya. Di kota asalnya binte biluhuta merupakan sajian kuliner yang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan gorontalo. Gorontalo dalam masa kepemimpinan mantan Gubernur Fadel Muhammad, berhasil menjadikan kota Gorontalo sebagai kota penghasil jagung. Dan untuk mendeklarasikan binte biluhuta sebagai sajian kuliner khas gorontalo, di tahun 2005, berhasil mencatatkan diri sebagai kategori makanan yang disantap secara bersamaan oleh 10.000 orang.

Binte Bilahuta. Sajian khas kuliner dari kota Gorontalo.

Binte Bilahuta. Sajian khas kuliner dari kota Gorontalo.

Binte biluhuta memiliki karakter rasa yang lain dari yang lain. Gurih dari kaldu ikan juga suwiran ikan tongkol, pahit dari taburan kelapa tua, serta manis dari jagung. Dengan taburan daun bawang, dan bawang goreng, siapapun setuju aroma Binte Bilahuta dapat mengundang selera untuk mencicipinya. Kadang disajikan dengan jeruk nipis, maka bertambah amboi-lah rasanya. Jika anda penggemar pedas, jangan kuatir, sajian binte biluhuta selalu didampingi dengan sambal pedas khasnya.

Sedang untuk soal gizi, binte biluhuta adalah sajian bergizi yang selalu disajikan dalam keadaan hangat. Komposisinya melengkapi asupan karbohidrat, protein dan lemak yang sesuai dengan asupan penting bagi tubuh kita. Dari segi penampilan-pun sebenarnya termasuk sederhana, dibuatnya juga terbilang mudah.

Jika anda penggemar sajian kuliner, dan berkesempatan datang ke kota manado, gorontalo ataupun poso dan beberapa kota di sulawesi, cobalah luangkan waktu untuk mencari sajian khas ini. Namun jika anda di manado, anda tak perlu lagi repot hendak mencari kemana. Datang saja ke kawasan boulevard, sayang tak lama lagi saya harus meninggalkan kota ini, kalau tidak siapa tahu bisa menghubungi saya untuk mentraktir diriku.. Hehehe.

5 responses to this post.

  1. wah deen pindah ke Makassar bulan depan? asikkkk *lospokus* :))

    Reply

  2. tawwa mutasi ke Makassar😀

    Reply

  3. Hi, you post interesting articles on your page, you deserve much more visits, just type in google for – augo’s tube traffic

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s