Belanja nyok belanja [1]

Sekitar 1 bulan yg lalu, ustadzah taqlim sy dah jauh2 mengingatkan soal shopping di bulan Ramadhan, maklum saja jamaahnya emang 100% ibu2..hmm g 100% bulat ding, karena masih ada sy, seorang yg notabene belum layak disebut ibu2.. :p . *halah!*

”Klo ada Ibu2 yg mo belanja utk keperluan Lebaran, sebaiknya pekan2 ini sj. Rejeki pas Ramadhan alangkah baiknya emg dipake buat Ibadah. Lagipula…sangat tak layak para Muslim melakukan thawaf di pasar2..”

”Loh?, kok thawaf Mi?”, tanya sy.

”Iya..perhatiiin aja., klo dah pas depan pintu pasar ato mall, tekadnya dah baja..bakal iterin semua lantai mall. Lantat 1 putaran 1..Lantai 2 putaran 2..bahkan lebih dari 7 putaran pun dijabanin, tanpa ngeluh!, pantang nyerah walopun mesti batalin puasa….pan keren tuh..!

”Klo lebih 7 putaran mah, nyalahin rukun thawaf donk Mi..””

Jamaahpun terkekeh..

Lalu sepekan kemudian, sy benar2 mengalami hal ini. Jadi niat awal pengen anterin temen kantor yg mo beliin Bundanya baju lebaran. Ok-lah, sy temenin, skalian sy juga mo beli pakaean hari2 gt. Bedanya belanja sy dgn teman ini, sy dah tau jelas ke toko mana hendak sy belanja, sedang dia..sama skali blom.. So?, thawaf itu pun bener2 sy lakuin. Saat putaran2 akhir, dgn terpaksa sy harus menekuk wajah depan teman-yang-ingin-berbakti-pada-Bundanya ini agar sekiranya iba melihat sy yg sudah tak bisa menemaninya berbelanja, slain itu sy sudah gak bisa menghilangkan rasa lelah di kaki. Seakan2 dauroh dan mukhoyyam tak ampuh untuk urusan thawaf model gini.

Btw, soal Mall dan Pasar, setelah berbelanja di tempat itu..biasanya bukan satisfied yg kita dapat malah rasa2 penyesalan doank. Karena because what?

Pertama, dongkol..karena biasanya sholat dah gak di awal waktu. Gimana gak?, urusan tawar menawar ma abank2 adalah perkara maha dahsyat di pasar. Kalo-pun mo diskip..timbul masalah baru, waktu sujud..yg keinget.. ”kayaknya baju yg tadi, bisa ditawar korting ampe 50% deh”, waktu tasyahud ”hemm..bagusan ijo ato yg ungu ya?”.. Syukur2 klo masih ngeh dgn rakaatnya. Lah klo kagak?..ampun deh..

Kedua, capek..ya iyyalaaah…secara harus ngiter, klo hasrat belanja belum terpenuhi bahkan ngesot pun ok, dan udah cerita khalayak, spesies ce’ itu puasnya klo mengiteri smua tempat..meski scara tak sadar dia tau..bhw dia bakal kembali lagi ke tempat dia starting. Makanya, klo ada hajatan ke Mall, wajib kyknya untuk tau mo beli apa, dimana, dan brp lama di tempat itu..

Ketiga, sering ngerasa rugi ketimbang untungnya..karena biasanya, barang2 di dalam Mall lebih mahal dari barang di luar.. Jilbab di Mall bisa seharga 45ribu, tapi klo di pedagang biasa ampe 20ribu jg gape.. Di sisi laen, belanja di pedagang orang kite nih lebih tenang ketimbang di gerai2 beken, karena minimal kita bisa tau rejeki kita masuk ke kantong mana.

Keempat, miris, karena klo mo sholat mesti ngeliat rumah ALLAH yg tidak terbenahi 😦 . Pernah skali sholat di sebuah mal, jarak tempat wudhu dan tempat sholat ada sekitar 100 meter lebih, itu juga harus hati2 karena sepanjang jalan mobil2 lewat mencari parkiran. Pantes sj, klo yg belanja rada ogah sholat. Sudah iman masih tergerus, tak ada motivasi pula dgn kondisi spt itu. Ah miris deh..

Benar adanya, jika tempat yg paling dibenci oleh Rasul, yakni pasar. Tempat dimana kecurangan2 sering terjadi, curang pada pembeli..curang pada pedagang..curang pada diri sendiri..curang pada ALLAH 😦

Nah, apalagi di bulan Ramadhan nanti. Penting untuk tahu sebab musabab kita belanja, stay tune aja di blog deen.. :p., serial berikutnya kita bakal obrolin belanjanya orang2 shalih. Jangan salah sobatz, orang2 shalih juga gila belanja loh..

Oya, bagi yg doyan belanja ati2 klo nanti sering baca spanduk model2.. ”Lebaran tak berarti tanpa belanja”. Mohon untuk tidak terpengaruh, apalagi yakin dan percaya..karena itu syirik!, sesungguhnya percaya selaen pada ALLAH itu syirik!..:D *wink

Iklan2 model gtu ialah satu dari ghawzul fikri(perang pemikiran) yg lagi ngetrend. Bagi yg masih jernih berpikir..insyaALLAH akan ngerti bahwa gak mungkinlah ALLAH mem-berarti-kan idul fitri dgn acara2 belanja di tempat tertentu.

Emm, sy sekalian mo ngucapin Met Berpuasa juga deh..

Mohon maaf lahir batin yee buat sobatz, smoga langkah bisa lebih ringan saat melangkah ke ramadhan nanti.

Ayunkan langkah dgn hati bersih, mantapkan tekad dengan targetan amaliyah nun indah. 🙂

Ahlan wa sahlan Ramadhanku, kami telah menantimu dalam 11 purnama..

Ijinkan kami menyambutmu dengan wajah berseri..

4 responses to this post.

  1. Selamat menyambut puasa deen.. semoga kita semua masih di beri kesempatan untuk menikmatinya🙂

    jadi kapan nih deen, mo belanja buat lebarannya?
    hehehehehe.. kalo gak mau pake tawaf titip ke gue aja deen, di jamin harganya lebih muaaaaaaahaaaaaaaaaaaal😀

    deen : walaaah, abis nikah kok otak makin ngebisnis sih ? :p

    Reply

  2. menurutku, klo mo belanja di pasar ya pas bulan puasa aja, kan para pedagang jd jujur, takut puasanya batal klo bo’ong…. hehe

    eh iya, met ibadah romadhon mbak, mohon maaf klo ada salah
    doakan jg moga aku cpt dpt tiket mudik ya…hiks hiks

    deen : sami2 kang..deen jg maaf lahir batin yeee, sama nih, deen jg mo pulkam, dah 5 taoon :((, hiks..hiks..jg

    Reply

  3. selamat menunaikan ibadah puasa dan tarawih…
    mudah2an Allah memberi imbalan di akhir perjalanan dengan Taqwa

    Reply

  4. Hmm tulisan yg menarik, mengingatkanku supaya ntar udah punya pendamping hidup yg sholehah, pas menjelang akhir Sya’ban harus bilang:

    ‘Say, belanja yuk… aku temenin deh, kan harga2 belom naik tuh, klo belanjanya pas puasa, kan capek, lagian mending waktunya dipake buat ibadah, menyenangkan hati suami itu ibadah lho Say…’ -kedip2 genit-

    wakakaka…

    Btw, Puank, mo ki pulang? waaaa ayo ketemuan, mo ka juga pulang, tgl 26 sampe tgl 5, he3…

    Oiya, mohon maap lahir batin juga buat Puank Deen dkk semuanya🙂
    Semoga Ramadhan ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya dan membawa berkah dari Allah yang berlimpah bagi kita semua. Amiiin

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s