Duit seikhlasnya?

Berhadapan dengan instansi pemerintahan, seperti kepolisian, kelurahan de-el-el untuk keperluan administrasi, adalah salah satu hal yg menyebalkan. Bagemana tidak, masuk ke kantor mereka kadang membohongi nurani menyoal duit2 panas yg masih sj laten berkeliaran di kantor2 tersebut adalah hal yg wajar.. Layaknya sebuah tradisi yg sudah dimaklumi oleh warga, banyak dari kita sudah terbiasa banget memberi duit yg gak jelas ke tangan2 pelayan masyarakat tersebut. Bohongin nurani mungkin bisa, tpi bohongin amalan?..hhh, sampe kapan kita mo memaklumkan ulah2 model gini. Mesti dimulai dari sekarang dan diri sendiri utk mengubahnya.

Seperti kemarin, untuk mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kriminal) sj, sy harus menghadapi 2 meja, dimana masing2 meja itu dgn nyantenya dan sok2 legal, meminta biaya administrasi serelanya..

Meja 1 : Meja sidik jari

Di meja ini, sy mesti menempel cap seluruh jari sy pada selembar kertas untuk dicari formulanya, sebagai tanda unik di SKCK nanti. Pak polisi yg serve boleh dibilang masih muda, lumayah handsome pula.. (hush!, ), tp sayang oh sayang…mental peminta!, kelar ngurus..dgn gaya elegannya..

”Jadi gini mbak, ini sidik jarinya, nanti diserahin ke ruangan sebelah, untuk biaya administrasinya bisa di sini. Serelanya mbak sj..”

*Towew..^&^%$$#//myquran.org/forum/Smileys/default/a085.gif” cannot be displayed, because it contains errors. Langsung pasang muka sok kaget..sok gak tau

”Loh?, bukannya di pamflet depan tertera tidak di pungut biaya”, pasang tampang serius keberatan.//myquran.org/forum/Smileys/default/hmmm.gif” cannot be displayed, because it contains errors.

”Iya, itu di ruangan sebelah..tapi uang administrasinya bisa di sini. Yah..serela mbak sj sih.” , tampaknya mulai risih.

”Ooo, jadi gpp klo gak kan?..ya udah deh mas…makasih yak..”

Langsung ngeloyor pergi

Meja-2 SKCK keluar

Nah, di sinilah ruangan yg dimaksud polisi meja-1, ruangan yg katanya tanpa biaya pungutan.. Lets see..

Setelah pak polisinya nyerahin SKCK, dengan lagak tak kalah sok elegannya, langsung say..

”Biaya administrasinya, seikhlasnya saja”, volume suara rada dikecilin..

*towew lagi..@#&*$%.. //myquran.org/forum/Smileys/default/cheesy.gif” cannot be displayed, because it contains errors.

Pura2 cek dompet..abis itu sy..

”Wah pak, maaf sy gak punya duit dgn besaran tertentu, klo gak ada, gpp ya?”

Pak polisinya ngangguk2 pasang muka gak senang, tanpa ngeliat wajah sy. . //myquran.org/forum/Smileys/default/jaim.gif” cannot be displayed, because it contains errors. . Sy-nya langsung ngeloyor pergi..//myquran.org/forum/Smileys/default/peace.gif” cannot be displayed, because it contains errors.

Hfh, puas banget klo ngadapin birokrasi model gini, tanpa memberi duit2 yg gak jelas. Mencoba bersih untuk urusan seperti ini emg mesti tega. Lelah banget ngeliat situasi negeri yg carut marut seperti ini, budaya laten duit rokok, duit serelanya, seikhlasnya sj, dalam aturannya itu gak jelas. Klo bisa bilang tidak, kenapa harus ya..sebagai didikan juga kepada aparat2 negeri kita ini. Klo gak jelas yah gak jelas.

Jadi teringat ma Kapolda Bandung, di depan jajarannya mengatakan .. ”Klo mo kaya, jangan jadi polisi!, jadi pengusaha saja”

Yuhuuu, sy pun melenggang dgn selembar SKCK di tangan. Well pak, ini hak sy..dan sy rasa sy gak perlu membeli hak ini dgn duit syubhat di perut2 bapak atopun keluarga bapak. Negeri ini gak bisa bangkit klo aparatnya belum juga dapat menghargai seragamnya dgn melulu meletakkan tangan di bawah..

8 responses to this post.

  1. Brani skali ko de’
    Salut..

    deen :😉

    Reply

  2. uhuyyy!!! gitu dong say…keren. sama euy wkt sy ngurus SKB (Surat Kelakuan Baik) itu nama SKCK yg dulu yaa😀 trus wkt ngurus kehilangan HP, huekeke…masa udah ilang dimintain duit plus kena dosa syubhat pula, enggak lah yau!

    membiasakan dan memulai dari hal2 terkecil it’s nice🙂

    deen : yoah kak, polisi ji lagi…huh, asal jangan sekompi belaaa..pasti lari tonja itu.. ;))

    Reply

  3. Hahahah…untung gak dikejar deen…heubat euy. Ajaran SANTIKA ya????😛 mau ngasih semangat apa emangnya deen. BT mode on

    deen : dikejar?..whehehe..polisi kejar2 jilbaber krn duit gak jelas?..jelas deen perkarakan!..😀

    Reply

  4. hmmm…
    saya belum ngalamin euy yg ginian
    mudah2an kuat
    apalagi ketemu sama dunia pajak, sereem

    deen : amin,:)

    Reply

  5. Hebat nih adinda satu ini…
    Hebat… hebat…
    Sosok ideal nih buat jadi anggota dewan….😉

    deen : anggota dewan Bunda?… *tepok jidat*..

    Reply

  6. Emang harus diberantas tuhh… cara-cara “seikhlasnya” kayak itu…

    Tapi sekarang polisi di surabaya udah mulai banyak berubah, terutama tuk pengurusan SIM… udah murah dan cepet sekali… semoga perubahan ini menulari instansi2 yg lain… biar Indonesia tambah maju!

    deen : Syukurlah..sedikit demi sedikit emg ada perubahan di negeri ini. Perubahan yg semakin kaco-nya adaaaa..smakin beranjak baik-nya juga ada.. Tpi yg jelass, negeri ini akan bangkit.. Itu pasti!

    Reply

  7. wah.. jadi ingat iklan sebuah rokok..

    “kalo bisa dipersulit, napa mesti dipermudah?”..

    indonesiaku.. indonesiaku…

    lam kenal ukhti..

    -rusdianto.net-

    deen : Iyye’ salam kenal, smoga betah di AM😀

    Reply

  8. anak makassar emang lucu2…bener kata wie..hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s