Rencana 2008

Telat saya posting ini, meski sebenarnya, ini sudah ada di kepala jauh2 hari. Maaf buat kedua Daengku, DR dan DM, karena telat posting.. JBulan ini, selain pertanda Masehi bergulir, tepat di tanggal 10 Januari, Hijriah pun memasuki angka baru. Well, bulan ini emang paling baik.. merefresh kembali poin2 apa sj yg hendak sy kerja kedepan. Setidaknya untuk 1 tahun kedepan. Rencana yg sy comot dari lembar dinding 4*A4, memuat rencana jangka panjang 7 tahun ke depan. Berikut, beberapa yg ada di kolom usia 24 tahun😉

1.       Ke Makassar. Tahun ini sudah tepat 5 tahun sy belum menginjak kampung sana. Pfiuh, sangat lama. Dan entah kenapa nyanyian dedaunan pohon kelapa dekat rumah di kampung sana serasa sudah sangat memanggil. Keluarga, sahabat serta tiap jejak di sana teramat sy rindukan. Sy perlu peluruh dari semua penat ibukota ini, dan sy yakin obatnya ada di sana. Smoga sj, ALLAH memberi sy jalan pulang, meski hanya menengok sejenak.

2.      Menikah. Ya..ya..ya.. rasanya poin ini ada di semua poin resolusi para jomblo’er, tak terkecuali sy. Nikah, bagi sy juga amanah besar. Sebelum ajal menyapa, ada baiknya sy genapi dien ini dengan sebuah akad yg tentunya diucapkan oleh si dia, sang pemilik tulang rusuk yg dah bertahun2 sy bawa lari ini. Pfiuh, berat ternyata menenteng2 tulang rusuk seorang diri euy, hehehe.

3.      Kuliah lagi. Satu perkara yg tidak akan pernah habis hingga liang lahat adalah menuntut ilmu. Kuliah adalah salah satu kegiatan yg tidak hanya memperkenalkan sy dengan ilmu teoritis namun ilmu2 yg lainnya. Ilmu dalam kelas, bagi sy hanya sekitar 10 % sj yg akhirnya bisa diimplementasikan. Terbukti kini sy malah mampu berkecimpung dengan dunia elektro yg beda dengan bidang keilmuan sy yakni informatika. 90% lainnya adalah ilmu2 yg membentuk karakter dan pemikiran sy, inilah yg sy cari. Orang2 yg kita temui, hal2 yg kita jumpai serta berbagai tanggung jawablah yg mendudukkan sy ke sebuah universitas sesungguhnya, universitas kehidupan. Kuliah hanya alat sj, dan sy memilih untuk menjadi mahasiswa lagi. Ini sih sebenarnya target tahun kemaren, karena gak jadi yah sy geser ke tahun ini. Kagak jadi lagi?, yah geser lagi.. Yang penting belajar tiada henti, cari ilmu kudu on poreper.

4.      Lebih aktif menulis. Pff. Belakangan ini, sy benar2 merasa futur dengan kegiatan menulis, diperparah lg dengan minat baca yg menurun. Lelah fisik yang masih sering gerogoti jiwa, mau tak mau memberi dampak negatif pada kebiasaan2 yg seharusnya bisa sy disiplinkan. Beberapa cerita novel dan cerpen terpaksa harus teronggok tanpa ending. Ini berarti sy belum benar2 serius dalam menumbukan potensi menulis sy. Menulis, menulis dan menulis..3 hal yg sebenarnya bisa sangat mudah ketika tekad dan tujuan sudah membaja di dada. Yah, sy harus perbaharui terus semangat itu. Seperti kata Daeng Rusle, harus direfresh juga dicatat. Thx Daeng J 

12 bulan ke depan akan sangat sedikit jika dilihat dari amalan2 apa yg bisa dikerjakan. Tapi adalah waktu yg cukup panjang untuk merasakan tiap tetes keringat yg membasahi kening dan pundak dalam meraih setiap jengkal harapan2 itu.  Kesabaran selalu menuntut waktu yg teramat lama. Ini yg harus sy awasi, karena tak jarang sy masih sering meledak untuk menangani suatu soalan. Akibatnya, amalan pun tak ada ruh.. waktupun terbuang percuma dengan mengumpulkan tenaga2 yg berantakan karena ledakan tersebut.

Orang pintar, minum tolak angin eh salah.. orang pintar ialah yang senantiasa mempersiapkan hari akhirnya. Bisa sj, dalam ketentuanNYA, 2008 akan menghias batu nisan sy. Smoga sj, saat itu, telah sy tinggalkan sepenggal cerita indah untuk keluarga dan kawan, serta sebongkah cinta dan manfaat untuk sekeliling.

Hmm, tapi klo boleh minta, smoga aj saat itu setelah poin 2 dah ditunaikan, hehehe.. malu euy ma hadis Rasul bahwa seburuk2nya mayat adalah yg masih lajang.. :p .. Doain yeee…

17 responses to this post.

  1. Pertamaxxxx!

    hmm, resolusinya semua menyentuh..
    mudah2an terlaksana ade’ ku semuanya…amin
    dekatkan diri pada Yang Kuasa, insya Allah, Dia juga akan mendekatimu lebih erat lagi.

    Ketika Ia menjadi Cintamu yang sesungguhnya, dan dirimu pun menjadi belahan hatiNya, niscaya keinginanmu akan menjadi keinginanMu juga

    kalau tabir sudah disingkirkan, insya Allah tidak ada lagi ‘keinginan’ , smuanya lebur karena cinta padaNya..

    belajarlah untuk mencintai, bukan berusaha untuk dicintai
    selama ini kadang kita keliru menafsirkan cinta itu bagaimana, dan parahnya kita menganggap mencintai berarti perjuangan untuk dicintai…

    padahal salah..

    deen : makasih Daeng,🙂, sangat2 membuat deen merenung, SANGAT.. ^_^

    Reply

  2. maaf salah ketik..

    seharusnya
    ,…niscaya keinginanmu akan menjadi keinginanNya juga..

    deen : hehehe, sip2..langsung ngeh kok Daeng😉

    Reply

  3. Posted by nicoustic on January 7, 2008 at 5:35 am

    salam kenal mas

    deen : maaf, sy ‘teh mbak..bukan mas atuh.. ;P

    Reply

  4. ya mbak…ternyata ya
    he salam kenal mbak!

    deen : sip, lam kenal balik yak!

    Reply

  5. eh makassar bisa tonji…🙂
    lagi dimana ki ini?

    deen : lagi di Jktka’, sama2 orang rantau kyknya di’?

    Reply

  6. Untuk resolusi nomer dua :

    ngikut IJO SEMANGKA ajah mbak..

    Ikatan Jomblo Semangat Kawin..

    Hihih..

    :p

    deen : duh, sy langsung ngakak pas baca komen anti, hehehe.. no komen deh, yg jelas Semangat Bermuamalah!😉

    Reply

  7. Mbak, itu hadits yg diakhir beneran shahih?
    Saya jadi tegang ngebacanya :<

    deen : “Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah,dan sehina-hina mayat kalian,adalah yang tidak menikah” (HR. Bukhari).” .. 🙂 ..

    Reply

  8. Hmm…

    #1 – Insya Allah kalo memang tujuannya mulia pasti bisa..😀
    #2 – Jadi malu… Hihihi, saat ini cuma bisa jadi ketua komunitas IJO SEMANGKA aja😛
    #3 – Hmm… Universitas Kehidupan yah.. Mbak Deen aja masih semangat kuliah, masa’ saya yg baru kuliah udah bosen. Wakakaka..
    #4 – Spertinya juga terjadi pada saya…

    Btw, moga yg point nomor 2 mudah ya mbak.. ^-^

    deen : *jitak Adit pas baca no.2* .. Mana ada ketua IJO SEMANGKA masih ijo getto.. kagak bisa!.. turun2 sebelum kena kudeta.. :p

    Reply

  9. hmmm… rencana-nya udah banget dipersiapkan yach,,, brarti tinggal nunggu kekurangan yang belum terpenuhi donk di setiap poin-poinnya misalnya kyk waktu dan akomodasi untuk poin 1 lalu si pemilik tulang rusuk di poin nomor 2 kemudian kesadaran semangat belajar meskipun nanti bakal pindah jalur lagi😀 di poin 3 dan untuk poin 4 kyknya mbak udah gak kurang dech hehehehe,,, atau bisa saja semua kekurangan sudah terpenuhi cuma diri mbak ajah yang blom siap tuk penuhi masing-masing poin hehehehe…. nti klo poin 2 dah mw dipenuhi,,, jangan lupa undang-undang yach hehehehe….

    deen : lah?, kirain dhepe duluan yg mo nyebar undangan?, gmn yg kemaren nyari2 bedak? :p

    Reply

  10. Posted by kaspo on January 8, 2008 at 3:22 am

    Salam kenal mba,
    mo tukeran tempat ga?
    Baru sebulan di kota Makassar, setengah hati saya masih di Jakarta setelah 4 tahun di sana
    oops ga nyambung ma tulisannya
    @tigger: weleh2 malah nyebarin biji semangka disini…

    Reply

  11. Posted by nita on January 8, 2008 at 10:24 am

    Amin!!!

    #3 setuju !!!
    ngampus lagi? argh tidak…
    bukan karena males sih gara2 gak ada duit🙂
    untuk sekarang cari kuliah yang gak bayar aja dulu tapi cari kuliah yang bayar kita🙂
    alhamdulillah dapat kerja yang sebidang jadi bisa dapat ilmu yang jauh lebih bermanfaat daripada di kampus.

    Reply

  12. Wuih……..
    Saya terkagum-kagum sama resolusi-nya mbak Deen😛.
    Semoga smua bisa tercapai yah!

    Reply

  13. menikah…menikah…..

    ayooo…bagi yang merasa masih sendiri, dipersilakan untuk segera menikah….

    menikah…menikah….

    ****kayak nawarin minyak tanah aja..

    wish you all the best Sis..

    Reply

  14. moga tambah pinter di taon ini boss

    orang pinter s uka makan rendang

    Reply

  15. amin… amin … amin
    semoga dimudahkan ya deen🙂
    terutama untuk poin 2
    xixixixii
    masih ingat obrolan kita dulu?
    hehehehhehe

    btw, sa suka na kata² na DR
    tersentuh ku …

    Reply

  16. amiiiiiiiin….
    terutama yang nomer dua, hehehe…

    btw, terharuka liat itu banner karebosi not for sale,
    teringatka jamanku belum insyaf dan sering mangkal tengah malam nunggu cowo-cowo lekong di situ..
    hihihihi…😀

    Reply

  17. Rencana yang bagus nih. Saya doakan ya semoga apa yang telah direncanakan bisa tercapai di tahun ini.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s