Tak suka

“Aku benci mereka yg menyombong2kan kekayaannya. Aku benci mereka yang telah mensia-siakan pendidikan.”


Sy lupa bagaimana redaksi benernya, yg jelas quote di atas ada di novel Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata. Suatu ungkapan dari si ikal ketika menyadari bahwa ternyata pendidikan terkadang juga bisa berpihak. Dan dalam cerita, pendidikan tidak berpihak pada seorang Lintang yg memiliki kejeniusan yg amat sangat. Kemiskinan dan ketergantungan keluarga pada diri Lintang, tak mampu memerdekakan kaki-kakinya untuk berangkat ke sekolah.

Sy suka dengan quote tersebut, sy sadarin, sedikit banyak juga memicu emosi sy. Yah!, sy pun tak suka dengan mereka yg mensia-siakan pendidikan. Sy tak suka dengan pelajar yg kebanyakan banyak maennya, menjerumuskan kehidupan mereka dengan sikap hedonis, hura-hura. Menggunakan biaya pendidikan yg telah diamanahkan oleh ortu mereka untuk sekedar menghabiskan usia di bangku2 sekolah dan kuliah. Buku dan pena hanya aksesoris belaka.

Sy tak suka mereka yg ogah2an ketika menuntut ilmu, tak menyadari potensi diri lantas bersikap pasrah dan menyerah dengan menerima predikat sebagai pemalas nun bodoh.

Sy tak suka mereka yg tak sadar dengan karunia yg telah ALLAH beri, kebebasan untuk menggali ilmu dengan selapang2nya, kebebasan untuk menunjukkan jati dirinya sebagai makhluk yg cerdas lagi manfaat.

Sy bertambah tak suka, ketika kurang dari 1 menit, TV menayangkan berita telah rubuhnya sekolah di suatu daerah terpencil lalu beralih ke tayangan iklan sinetron anak SMU tajir yg doyan pacaran. Keironisan sedang ditunjukkan, namun tiada peka.

Sy tak suka dan takkan pernah suka..

8 responses to this post.

  1. Pun dengan saya…

    deen : baris di belakang deen dit.. soalnya deen lebih tak suka kyknya😀

    Reply

  2. iyah..saya juga

    deen : samma’

    Reply

  3. Saya setuju, kok nggak ada perubahan dari pemerintah yach dan yang terkait?

    tanda tanya

    Reply

  4. yah, kita semua benci kepada kesia-siaan, termasuk yang melakukan kesia-siaan adalah menyombongkan diri…

    padahal yang disombongkan bukanlah sesuatu yang dimiliki sepenuhnya…hehehe..

    kadang2 jadi ketawa kecil kalo melihat ada yg sombong, atau senyum malu kalo terkadang diri ini kelepasan menyombongkan sesuatu …
    🙂

    good writing my ukhti…
    keep writing then…

    Reply

  5. wuih, makin hari adikku ini makin pandai. Ini nih contoh anak muda yang tidak menyia-yiakan waktu. Tetap semangat ya!!!
    Eh, gimana santika nya? Maaf, aku belum bisa menghubungi temenku yang aku bilang waktu itu.

    Reply

  6. Terlebih saya,… tak suka!!!

    Ilmu adalah harta yang berharga…

    Reply

  7. wah kesombongan tetaplah kesombongan, tetapi orang yang sombong jarang yang mau belajar

    kesombongan = ketamakan = perut lapar jadinya…

    kagak nyambung dech gw

    Reply

  8. mbak deen udah baca buku yang judulnya “Sekolah Itu Candu” belum? Isinya tentang dunia pendidikan juga.. Ada CD-nya juga loh..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s