Mencari Hujan

Terlalu banyak hal yg diajarkan olehNYA pada diri,  hari ini lagi2 DIA mengajarkan sy menyoal jaminanNYA yang tak akan pernah ingkar. Di saat banyak tanya yg sy ajukan padaNYA, tentang sgala kerisauan, kegalauan jiwa karena kenyataan yg sempat membuat lutut melemah untuk berdiri, kembali DIA membelai sy dengan ujianNYA.

 ———

Sedikit cerita ttg hari ini, sebuah pelajaran dariNYA.. sebuah sejarah dalam hidup yang takkan pernah sy biarkan diri untuk melupakannya..

26 Ramadhan 1428 H..

Sy baru aja pulang dari kantor, membawa suatu problem yg tak biasa..hmm, personal things..pulang dengan kepala mumet. Sampai di rumah, menambah kemumetan baru..

Tak ada air kak, pompa g ngeluarin air..!, dah seharian gak ada yang mandi, sholatpun belom..”.

Dengan dada yg masih sesak, sy coba untuk tersenyum..

Klo begitu sabar aja..mungkin ntar malam aernya jalan dek..”, balas sy..

Sy temui Umi tersayang di dalam kamar..menyalami tangannya..

Gak ada aer nak, bagaimana ini?”.

Sy paksa diri tersenyum lagi..

Mengeluhpun tak buat air keluar  Mi, sabar sj..sapa tau ALLAH sedang meminta kita bersabar”.

Entah dianggapnya hanya sebagai penghibur ato lainnya. Yang jelas, sy tak ingin orang terkasih sy tersebut semakin mumet dengan soalan air belaka.. Toh air, lebih penting urat2 wajahnya yg tak ingin sy lihat putus menyisakan kerutan2 begitu sj..

 

27 Ramadhan, 02:00 WIB..

Kaaak, bangun oiiii.. gak ada air neh, air blom jalan2 euy..”.

Sy terbangun, astagfirullah, sholat belom sy tunaikan.. menunggu pompa aer mengeluarkan riak2nya membuat sy tertidur begitu sj. Sy menyeret diri ke ruang makan, karena tak ada air, nyaris tak ada makanan yg bisa kami buat.. hanya nasi goreng warung yg dibeli oleh ade tadi malam. Kami makan hanya disertai sedikit aer di botol

K, serreet neh, kurang air..

Sy amati wajah2 anggota keluarga. Abah tak ada di rumah, sedang berlayar, Abank, adik lelaki sy yang paling tuapun sedang di asramanya. Kembali lg, sebagai anak tertua sy tampil mendampingi Umi dalam mencari solusi di rumah..

Kita ke masjid aja dek..di sana kan banyak aer, mana kk belom sholat pula…buruan makannya trus ke masjid

Usai makan, meneguk beberapa air, sebagian besarnya kami beri untuk dede, adik bontot sy.. Umi sy dengan air muka pasrah, – kebetulan Beliau dalam siklusnya, sedang tak berpuasa– mengijinkan kami (sy dan ade) keluar rumah untuk mencari air.

Kamipun berjalan ke masjid belakang rumah, masih sepi.. beberapa orang tua sedang i’tikaf..”Waduh, ruang akhwatnya kenapa di kunci?”, dengan pertimbangan tak ingin mengusik ruang ikhwan, menyeberang begitu sj di depan bapak2 tersebut. Secepat kilat, sy arahkan diri dan adek sy ke masjid laennya. Sy teringat, ruang wudhunya berada di luar, tak perlu menyeberang dulu ke dalam masjid.

Langit masih sangat gelap, dingin, sepi.. kami berjalan.. ”Ya ALLAH, kami berjalan dengan ikhtiar kami, kami ridho dengan sgala ujianMU”. Subhanallah, air yang sedari semalam baru sy teguk sedikit sj, kini terbalaskan dengan curahan air dari kran masjid. Sy langsung meminumnya, adek sy pun demikian.. kami gembira..betapa nikmatNYA memang sangat dekat, seperti nafas..kita sj sebagai hamba yg terlalu sering lupa mengingatnya, barulah didera ujian.. kita kembali sadarinya..

Usai minum, bebersih diri, berwudhu, kami pulang. Dalam perjalanan, sy sadari ada yg berubah dari ade perempuan sy ini, tak biasanya wajahnya riang dengan kepayahan seperti ini, rautnya optimis..

Ya ALLAH, saksikan karena aku seorang muslim…aku akan berusaha hadapi ujianMU..!”, tangannya mengepal meninju langit..

Sy kaget, meski kata2nya hampir sepert judul dari sebuah buku yg kini di rak buku sy, ada aliran2 kebahagiaan saat saksikan mata tak putus asanya..

Sy mengepal tangan juga dan bertakbir..malam itu menjadi saksi kami, malaikat2 mengelilingi kami..

Duhai Rabb, iyakah ada pelajaran lagi yang ingin KAU tunjukkan pada diri, saat diri menggeliat dengan masalah2 sekarang..

 

07:00 am

Air belom juga on. Ijin tak masuk kantor. Mendampingi keluarga dalam masa2 sulit seperti ini bagi sy tugas wajib.

”K, bagaimana ini, apa kita kontrak sebuah rumah sj di Jkt?”

Masih dalam mukena, sy mencari solusi, dalam kondisi sekarang tak ada lagi tukang yg bisa diminta menggali untuk mengeruk tanah, pada mudik, tetanggapun tak bisa kami andalkan terus2an, masa kemarau memang sudah mencapai klimaks bagi keluarga kami..

”Jangan minta tetangga mulu lah k, gak enak..merekakan jg butuh, apalagi mo dekat lebaran”

”Bukankah tak mengapa memberi kesempatan orang untuk beramal ke kita dek, gak masalah kan..klo tangan di bawah dalam kondisi kyk gini, ini terpaksa..”

”Iya, tapi ampe kapan, ampe kemarau usai?, itu kapan k?”, Umi sy menimpali..

Sy menghela..

”Ok, kalo gitu, kita cari rumah kontrakan sementara”

Kesepakatan bersama, mencari rumah di Jkt..ini karena Bekasi, tempat domisili skrg..msh kurang kami kenali wilayahnya..Sebelum berangkat, kami sempatkan diri meminta air ke tetangga sebelah, sekedar untuk urusan toilet kedua adik sy. Murung wajah sy, saat melihat air yg keluar dari kran tetangga sy itu, sangat kecil dan pelan. Tetangga sy ini lebih beruntung, mungkin saat pengerjaan pompanya, galian tanahnya lebih dalam dari kami. Sy juga melihat kemurungan yg sama di wajah pemiliknya.

”Cmn satu kran aer aj dek yg bisa nyala.. klo ini nyala yg laen g bisa”.

Sy tersenyum pada Beliau.

”Iya Bu, sedang dalam kemarau, mudah2an cepet turun hujan..”

Berangkatlah sy dan Umi ke Jkt.. Langsung menuju daerah Pasar Baru, tempat kami pernah mengontrak dulu..Dalam 1 jam lebih perjalanan Bus, Umi tertidur, rupa2nya Beliau semalam suntuk tersadar menunggu air, kepala Beliau bersandar di pundak sy. Ah, begitu durhakanya sy sebagai seorang anak, semalam sy malah tertidur pulas tanpa beban, egois karena lelah luar biasa usai kerja. Dalam kelelapan Beliau, sy sibukkan diri dengan lembaran ayat2NYA di mushaf biru sy. Hati sy serasa diparut melihat kelelahan Beliau, ”Birrul walidain-mu kah yg seperti ini, deen?”..

Sampai di tujuan. Berjalan kaki ke sana kemari, bertanya pada orang ini dan itu, tapi tak satupun rumah yg bisa kami dapati, kelelahan menghinggapi kami, tak bisa sy bohongi diri, sypun demikian.. Umi sy pun sudah dari tadi berkali2 menunduk memegang lututnya, wajahnya mengejang lelah..

”Minum aja dulu Mi, kan lagi gak puasa.. ”

”Iya, Umi mo beli air dulu klo gtu..”

Kami pun menuju sebuah swalayan, Beliau membeli botol air minum..Sy duduk di luar, termenung, sy lupa dengan evaluasi.. ikhtiar tanpa mencari tau hikmah di balik kejadian rasanya kurang klop. Kepala sy menengadah di antara keramaian pasar baru. Hujan..hujan..kemana kalian?, ada apa di balik langit sana?, gerangan apa mereka menahan kalian?, ya ALLAH..sungguh kami ridho pada ujianMU, tapi sebagai hamba, biarlah kami dalam penghambaan yg terhina memohon kemurahanMU..hamba tak tega melihat anggota keluarga hamba dalam kepayahan seperti ini, hamba ingin melihat Umi bikin kue juga, kemarin Beliau baru aja beli oven, belum terpakai RABB, ijinkan Beliau menggunakannya di Ramadhan ini, beri kami rejeki hujanMU duhai RABB..

Sy menolah ke arah swalayan, Umi masih dalam posisi ngantri di kasir. Tiba2 dalam hati terbesit menyoal sedekah..Hati sy tiba2 bergejolak, ”Yaah!, sedekah..!, bukankah sedekah mendekatkan rejeki dan menjauhkan dari musibah..?”.. Tiba2 sy menjadi seperti anak kecil yg baru diberi crayon biru. Sy mendapat pencerahan, sekaligus rasa malu. Malu?, yah.. sedikit banyak sy sadari mungkin sj diri ini miskin memberi, hingga ALLAH menegur dengan cara seperti ini, lintasan hati soal sedekah inipun bukan lintasan yg biasa2 sj. Ini teguran. Dalam rasa malu tersebut, seperti terlintas dalam hati.. seorang Ibu tua dengan karung payahnya berisi kardus2 tua melintas di hadap sy.. ya ALLAH, ini bukan teguran biasa.. ini pelajaran untukku.. lagi2 KAU mendidikku dalam ujian.

Sy melihat lembaran2 di dompet, rata2 bernominal besar..ah iya, kemaren kan baru aja narik di ATM. Konyol.!, sy malah bertengkar dengan hati. ”Nominalnya terlalu besar, bagaimana dengan anggaran yg sudah sy buat baik2 kemaren?”. Konyol bukan!?..

Ibu tua itu melintas jauh dari pandangan, kaki belum terangkat, hati masih bertengkar. Ibu tua itu berhenti di sebuah tempat sampah, menggaruk2 isinya..

”Hai deen!, mana perdagangan terindah yang sering kau sebut2 itu?, bagaimana mungkin perdagangan jiwa dan harta untukNYA akan tersempatkan untukmu, jika untuk urusan sedekah sj kau begitu payah..?!. Huh..!!!”..

Kaki sy melonjak, kaget mendengar kata2 itu.. sy langsung berlari mengejar Ibu tua tersebut, menarik lembar nominal terbesar dalam dompet..

”YaALLAH, hamba khilaf.. maaaaaaaffffff…”, sy sambil menyalami Ibu tua itu, meninggalkan selembar di tangannya  dan langsung terisak.. Duuh Rabb, hambaMU ini sangat manja..

 

11:15 am

Kami pun pulang, lelah.. tak ada rumah yg kami dapati, kami sepakat akan mencari di daerah Bekasi sj.. Bukan kami, tapi sy… sudah cukup Umi dengan kepayahan ini, biarlah sy lanjutkan pencarian air ini sendiri.

”Umi sudah lelah nak, klo kk sendiri mencari gak apa2?”

”Iya Mi, gak apa2, nanti kk yg cari”

Dalam perjalanan pulang, kembali sy bermuhasabah, sambil menatap langit dalam2, awan2nya tersebar merata, sedari pagi memang mendung, tapi air belum jua keluar.. Sy memegang dada, dan remind diri..”ALLAH tak pernah menguji  melebihi kemampuan ummatNYA”. Sy tepekur, berzikir..

Tiba2 garis2 bening menggores di kaca bus depan sy, garis2 itu juga menghujam ke bumi. Dalam lamat2 lelah sy amati baik2  garis2 halus yg menampar kaca. Yah!, hujan..!, ini hujan..!, ALLAH menunjukkan kuasaNYA..

Sy girang, langsung mencolek Umi di sisi, menunjuk ke arah luar, menunjuk garis2 pelan dan teratur itu..

”Ummmiiii.., hujaaaan..!. Alhamdulillaaaaahh..!”, air mata sy melonjak keluar.. ya ALLAH, maka nikmat mana lagi yang aku dustakan..Kami pulang diiringi oleh hadiah dariNYA.

Di angkot, sy pun menerima sms dari adik sy..”K, alhamdulilllaaaah,aer di rumah bisa jalan, ade mo mandi dulu yaw.. da..da.. bau..”.  Nikmatnya slalu datang tanpa duga dan dari yang tak terduga. Pompa kami mengeluarkan air?, bukankah hujan yang turun belum deras?

 

Sy menggamit tangan Umi, air basahi kepala kami saat berjalan menuju rumah..

”K, mungkin ALLAH ingin lihat usaha kita dulu kali y. DIA pengen tau apakah kita hanya berpangku tangan sj, mengharap sebuah drum air turun dari langit, tapi g ada usahanya..”.

Sy terkekeh.. ”Hehehe, iya Mi, ALLAH ingin lihat dulu bagaimana kita hadapi ujianNYA, ALLAH tuh sayang ma kita Mi..”

Sy tersenyum bahagia, langit2 berbaik hati menumpahkan butiran2nya, meski pelan, tak deras, tapi pasti.. pijakan2 tanah yg kami injaki basah.. bau2 tanah basah menemani perjalanan pulang kami..

Rabbana, nikmatMU terbentang luas di bumi ini, hamba kadang terlalu sibuk konsen dgn masalah ini dan itu, lalai ingat bahwa dalam himpitan ujianMU begitu ruah nikmat yang KAU sematkan. Engkau tak pernah ingkar ya ALLAH, hati ini sj yg kadang meragu..sering kali kuatir..padahal nikmat cahaya IslamMU indah menaungiku. Terima kasih ya ALLAH atas hari ini..

 

16:00 am

Sebuah sms menyapa hp, kabar dari seorang saudari, tentang personal things. Suatu kabar, menerbitkan pertanyaan dan kejelasan yg tertunda. Sy tersenyum, ahh..sudah cukup risaunya deen, bukankah ada DIA bersamamu, apalagi yg kau butuhkan saat DIA menemani langkahmu.

Jika ada nikmat maka bersyukurlah, jika ada musibah maka bersabarlah.. ^_^

 

*ditulis dalam kehenyakan muhasabah diri.

4 responses to this post.

  1. alhamdulillah mbak, akupun dengan kasus yang hampir mirip, insya Allah pergi menunaikan ibadah haji tahun depan.

    ceritanya menyusul aja…

    deen : Subhanallah..ke Baitullah akhi?..serius?..waah..pengeeeennnnn..iya, ceritanya ditunggu yak..

    Reply

  2. Deen….

    nyerah deh!!! akhirnya dengan beberapa pertimbangan yang ada, saya untuk memutuskan untuk pindah rumah..hiks…

    berat jg hati ini untuk meninggalkan kediaman yang lama, tp kayaknya saya sudah terlanjur tersugesti…

    tuh alamatnya ada di URL….
    😀

    deen : hehehe..horeee ada yg kena kompor, Goen gimana? siap dengan kompor berikutnya..?😀

    Reply

  3. cerita yang menyentuh jeng; betapa kelemahan dan kekuatan kadang batasnya sangat tipis, sebatas cara pandang…

    cobaan membuat manusia tumbuh kuat dan berpikir kreatif, atau sebaliknya… semoga kita menjadi bagian yg pertama

    cerita sedekahnya memotret pergulatan batin yg terjadi pada setiap orang. bagaimana mungkin kita berharap mendapat bonus besar, ketika memberi bonus kecil saja terasa sangat berat…

    salam lebaran jeng, mohon maaf lahir batin.

    deen : Makasih Pak atas doanya..🙂. maaf lahir batin yah..mudik kemana nih pak kemaren?

    Reply

  4. Jika ada nikmat maka bersyukurlah, jika ada musibah maka bersabarlah.. ^_^

    fabiayyi ala irabbikuma tukazziban..
    ya toh, Deen..?

    BTW, tadampeng-nga, silessureng..
    mega kapang dosaku, di..?😦

    deen : dimaafkan ji Ham, tapi jangan ulangi lagi nah, itu kemaren balon ijo yg qt ambil dari deen, kembalikan memangki..biar afdol maaf2annya..😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s