Tentang 17agustusan..

Seumur2 sy idup, seinget sy .. lom pernah skalipun ikutan lomba 17 agustusan….meski itu cuman masukin benang ke jarumnya, sama skali kgk pernah ikutan euy.. hiks.

So kemaren, saat 17 agustusan, ngotot banget ngajakin adik bontot sy buat ikutan salah satu perlombaan(boleh dibilang balas dendam atas masa kecil sy ’kurang’ gtu deh😛..)… sy dah ngetem dkt arena lomba, dmn dah banyak anak2 kecil yg lg seru masukin pensil ke botol, mancing2in gtu si adik yg cmn beraninya dari balik pagar rumah doank. I heard from my sister, that he’s still too embrassing to show his self up..

Tapi, dasar anak kecil emg g mo ketinggalan rame, akhirnya diem2 keluar jg dari rumah, dan gabung ma anak2 yg laen.

Seneng banget rasanya bisa melihatnya lomba makan kerupuk, tebak kata, mecahin balon dan lomba laennya.. Tambah seneng lagi, saat dia melapor diri dengan hadiah2 yg didapatinya krn sukses jadi juara 2 makan kerupuk dan mecahin balon..plus hadiah2 laennya, yg kebanyakan sih makanan doank..

Katanya, di 17 agustusan inilah, kita bener2 ngerasa arti kemerdekaan itu…smua pantas merayakannya dengan bersuka cita sebagai bentuk syukur kita atas perjuangan para pahlawan..

Tapi iyakah kita smua bener2 merdeka?.. Coba kita amati lagi..

Sudah ampir setaon, lumpur lapindo menyertai Sidoarjo, iyakah..anak2 kecil di sana juga merasakan kerupuk gratisan dari lomba agustusan ini, bagaimana kelanjutan sekolah mereka?, benerkah mereka tetep bersekolah seperti sedia kala?…. Merdekakah mereka?

Parsiti, seorang TKW yg kisah memilukannya mirip ma Ceriyati, haknya telah dirampas oleh majikannya di negeri tetangga, wajahnya lebam dipukuli dgn tanpa iba, seorang dari sekian banyaknya sebagai penyumbang devisa negara..Merdekakah dia?

Adik Dzulqadah, yg slama 4 tahun jadi bulan2an oleh sang bu angkat, kini tergolek lemah akibat kurang gizi berkepanjangan, tulang paha kanan yg patah, indera lihat yg tidak berfungsi baek. Merdekakah adik kecil kita ini?

Lalu, seorang veteran yg sekarang jadi sopir alat2 kontruksi berat, yg dana pensiunnya tidak pernah lagi dibayar, padahal pada masa perjuangan beliau adalah seorang ahli mekanik yg bersumbangsih dalam usaha melawan penjajahan. Tapi miris, dalam usia senja sekarang beliau nyaris tak diingat lagi..jangankan kita, pemerintah yg seharusnya sebagai penyantun pun tidak.. well..Merdekakah dia?

Sejumlah BUMN yg sudah sukses pindah tangan ke negeri asing, kekuatan ekonomi kita yg kini berada ditangan para kapitalis2, politik yg kini jadi sarang kepentingan2 nyeleneh golongan elit, para separatis2 yg dah siap dengan ancang2nya untuk mengusik kedaulatan indonesia raya ini.. Merdekakah kita sesungguhnya?

Tak ada yg salah dengan perayaan smua ini, sudah rejekinya pemilik kebon pohon pinang buat panenan di tiap agustusan ato penjual kerupuk yg dagangannya mendadak dapet orderan banyak..

Tak ada yg salah ketika adek sy dan teman2nya saling menertawakan ketika terjatuh terjungkal untuk mecahin balon2..

Atopun ibu2 mereka yg berteriak2 lepas untuk menyemangati anak2nya untuk menjadi pemenang di tiap perlombaan..

Tapi sejenak kita cermati smua ini, bersyukur kan tak melulu dengan bersuka cita, lalu lepas begitu sj seiring memudarnya merah putih di bendera2 plastik..

Bulan ini adalah event untuk tetap menyadarkan diri bahwa kita smua ialah pejuang-pejuang untuk negeri ini.. Rangkaian kepahlawanan akan terus berlanjut.. Perang-perang itu akan terus berlanjut, karena sesungguhnya kita belumlah benar2 merdeka.. Kita memang sudah merdeka dari kompeni2 tempo doeloe. Tapi lihatlah, kekufuran dalam berpikir kini telah menjajah kita..

Sekarangpun kita masih sedang berjuang..

Masih mampukah kita berteriak lantang seperti pejuang2 dulu?; Merdeka atau mati..!?

2 responses to this post.

  1. pertamax

    Reply

  2. keduax!

    btw kenapa ndak dikutkan lomba blogfam deen?
    sayang sekali ndak dipilih!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s