Enjoy together aja deh pak…

”Pak, kita tuh hidup di negri yg susah!, lets enjoy togetherrrr, biar lebih indah”

Huuu, sy kesal banget, saat kemaren naek bus, ada seorang bapak yg emoh banget berdiri menyisakan tempat utk sy yg lagi berdiri. Jadi dia bener2 duduk di depan pintu, sementara yg laen berkenan berdiri. Dan sy?.. Perempuan yg menenteng ransel, malah harus berdiri sesak dijejalin oleh badan2 asing yg wajahnya bahkan tak bisa sy toleh sedikit pun, asli g bisa bergerak sama skali!. Sebenernya klo Bapak itu berdiri, sy masih bisa sdikit bernafas lega biarkan beberapa angin jelang maghrib menyapu kening yg dah basah.. Tapi bapak itu tetep duduk manis, walo kenek dah nyaranin utk berdiri sj, kasihan ma yg berdiri katanya..
Penumpang yg berdiri cmn bisa melihat tunduk bapak yg sedang duduk itu.

”Sudah tahu penuh kenapa masih aja angkut penumpang?!”, ngedumel bapak itu ke arah kenek..

Walah, g tau kenapa sy ikut2an tersinggung. Apa mksd bapak ini, sy tak seharusnya naek, dan nungguin bus berikut yg lebih lapang?. Sy yg naeknya di bibir tol, ya jelas2 aja bisa naek bus yg lapang klo dah di atas jam 10!. Klo pun ditanyain, sapa sih yg mau naek bus berdesak2an gtu, secara sy emang emoh berdesak2an ama org asing. Aaarrrggh..

Ato mungkin yg ditawarkannya adalah solusi dgn menambah armada bus lagi..?. Ato transmigrasi?. Ato jangan2 nyindir sy biar punya boil aja kali ya?..:D.
Hmm, jangan2 ada kali yak, orang2 yg ogah bantuin sodaranya yg lagi kebanjiran, dan ngedumel..

”Sapa suruh tinggal di area rawan banjir.!”
”Itu tuh akibat pemda g serius menangani kanal banjir timur.!”

Jakarta ini punya segudang masalah pak. Bukannya sebagai penghuni Jakarta sepatutnya kita saling merangkul agar jakarta ini dpt dihuni lebih baek lagi. Sudah tak guna lagi mengeluh soal desak2an di bus tiap hari, cukuplah musibah itu macet, banjir, tak perlu ditambah lagi dgn musibah kedua yg warganya pada satres soal macet, banjir, pengangguran dll.
Jakarta sebagai salah satu barometer Indonesia raya pun menyimpan banyak pe-er utk pemerintah dan tentunya kita sebagai warga. Klo ngobrolin desak2an, kita pasti berharap akan adanya desentralisasi di kota ini, lalu obrolin otonomi daerah de-el-el, yg sungguh butuh waktu yg g segera. Bertahap. So, dalam proses itu alangkah baeknya, klo masing2 kita berhenti menyalahkan dan mengeluh. Sama2 melihat kesusahan ini sbg sarana utk mempererat rasa. Belajar dari tiap kesulitan, biar makin tahan banting..!..
Seperti yg sy liat berikutnya, saat anak2 kecil pengamen berterima kasih pada pengamen dewasa krn sudah diberi ruang utk mengamen di bus, padahal pengamen dewasa itu udah duluan naek.

”Ya udah, gih sono ngamen, biar gw yg ngalah..”
”Makasih ya bang..”

See..?. Lebih indah kan?..

3 responses to this post.

  1. Posted by mashuri on July 9, 2007 at 2:42 am

    sopir kejar setoran, penumpang minim empati….

    Reply

  2. Posted by aroengbinang on July 10, 2007 at 10:02 am

    di tengah kesumpekan ibu kota, selalu saja ada kelapangan dada, kebijakan dan kebajikan dari penghuninya;

    gak banyak mungkin, namun cukup untuk membuat orang masih punya harapan akan hidup yg lebih baik, entah kapan.

    Reply

  3. Posted by Wahyu on July 11, 2007 at 1:25 am

    ”Sapa suruh tinggal di area rawan banjir.!”
    ”Itu tuh akibat pemda g serius menangani kanal banjir timur.!”

    ini nih bentuk pernyataan defensif alias gak mau disalahin n sebagai pengalih perhatian, akhirnya menyalahkan pihak lain. Gimana ya biar kita bebas dari virus NyalahinOrang ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s