Ingat janji itu?

Mungkinkah kau masih teringat dgn sketsa berikut :

“Apa yang sedang kamu pikirkan, deen?”

“Deen membayangkan, kita keluar dari pintu itu sebagai 2 orang wisudawati dgn target cemerlang, deen dengan IPK cum laude dan ipit dengan lulusan tercepat..”

“Iya, smoga..Amin..amin..”

“Pit, bagaimana klo kita berjanji, kita upayakan hari itu datang, ipit dengan lulusan tercepat, dan deen dengan cum laude. Bagaimana? sepakat?”, lalu ku angkat jari kelingkingku, menagih jawabmu..

“Setuju bu, setuju”, kelingking kananmu menyambut dan mengayunkannya..diiringi dengan jabatan erat tanganmu..

Kita tersenyum bersama, sementara para wisudawan/wati mondar mandir dari balik ruang penyematannya sbg para engineer2 baru di negri ini.. Masih ingatkah siang itu?..

Berbilang minggu..

“Pit, nilaiku ada yg kurang, sepertinya target cum laude g kekejar deh, perlu satu nilai utk memperbaikinya. Mungkin g y pit, dosen ini akan memberi ujian susulan utk deen?”

“Kita perlu mencobanya, deen,..coba aja datengin dosennya.”

“Mungkinkah?.. secara gtu loh..”

“Maksimalkan ikhtiarmu deen..”

Lalu kau menemaniku menyusuri lorong kampus, bertemu dengan dosen yg super kekeh itu, walo dalam hati sadar akan sangat kecil harapanku lulus dgn target itu. Ku pikir, sudahlah toh nilai itu harga yg pantas utk sgala usahaku dalam tiap tes ujian. Tapi taukah kau, apa yg menjadi modal dari tiap langkahku menuju ruang dosen saat itu.?.”Maksimalkan ikhtiarmu..”, yah, katamu itulah yg membuatku merasa kuat dan butuh melakukan sgala upaya utk meraihnya..

Dan suatu sore, saat hujan rintik2 melukis bumi.

“Deen, ipit perlu tes uji PA ipit..”

“Hayuu pit..bareng deen..deen temenin”

“Angkat CPU?”

“Tak masalah..”

Pun kita berjalan kecil2, bergantian mengangkat CPUmu, jika deen teringat sore itu, wajah deen slalu terasa teduh. Satu kata : kangen.

Jika pada akhirnya kita lulus dengan hari yang sama, tidak dengan target masing2. Inget bgt, berkali2 kita saling memandang, sama2 menyayangkan bagaimana pada akhirnya kita lulus tidak dengan target masing2.. Dari mata terpancar tegar, namun kuyakini, hati kita masing2 basah.. Betapa target itu bgitu berharga utk kita. Namun, dgn segenap ikhlas kita harus melepasnya, tak teraih.. Ah, setidaknya kita sudah mengupayakannya, bukankah setiap kejadian ada DIA yang memberi skenario. Dan DIA menyatukan kita dlm skenarioNya. Iya, deen dan ipit.. 🙂

Sist, skalipun saat itu tak kuraih target itu, namun pengalaman bersamamu utk meraihnya sungguh sangat berharga. Betapa penyemangat2mu bgtu segarkan sendi2 yang acapkali lelah. Pengalaman mengoptimalkan ikhtiar bgtu terasa ku-”hirup”, cum laude terlepas, namun ku temui pelajaran laennya.

Hari ini tengah kau renungkan kembali perjalanan hidupmu, ijinkan aku menjadi bagian dari hidupmu, bolehkah?..23 tahun sudah kau berpijak dibumiNya.

Saudariku, ku doakan smoga usiamu senantiasa di rahmatiNya, dalam tiap desahmu slalu ada pemaknaan hidup, hadirmu menjadi penyemangat2 hati, dan sgala gerikmu adalah daya bagi jiwa yg lain.

Jika dulu itu ku angkat kelingkingku utk target kuliah, lalu bersama2 mengupayakan ikhtiar. Mungkinkah hari ini kau akan mengayunkan kelingkingku kembali …

“Pit, gmn klo kita berjanji, untuk tetap berada di jalan ini, jalan kebaikan.. saling mengingatkan. Hingga hari itu bener2 adanya, yakni Rabb mengumpulkan kita di jannahNya. Amin.. Gmn??”..

Ps. bntr siang deen kirim template pesananmu by imel. Smoga ipit suka, maaf bu, ngerjainny di tengah jeruji waktu euy, plus dgn berbagai keterbatasan deen😉, deen siap dgn sgala saran dan kritik😉. Dtunggu yak…, awas klo g ada masukan..!😛

/*ku tulis saat deraan penat jiwa menghampiri, lalu teringat seorang saudari yg akan milad esok. Rabb, betapa ku rindu penolong2 yang meneguhkan tapakku di jalanMu..

5 responses to this post.

  1. Posted by Anonymous on June 21, 2007 at 2:47 am

    met milad yaa buat saudarinya deen, moga tetap istiqamah dijalan-NYA ..

    [7130065x+0819415xxx3]

    Reply

  2. Posted by ipit on June 21, 2007 at 5:30 am

    Subhanallah … jadi terharu deen… tiba-tiba ada butiran air bening keluar dari mata( ini beneran .. pake serius ..).. Ya mari kita angkat kelingking kita masing2 ( walaupun kita berjauhan ) dan kita berjanji lagi .. semoga kita bisa menjadi saudari seiman yang saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, sampai Rabb mempertemukan kita kembali di Surga Nya.. Amin .. beneran Deen, ipit sangaaaaat senang, melebihi rasa senang ipit mendapat uang atau lulus dengan nilai cumlaude sekalipun, merupakan sesuatu yang saaaaaaaangat berharga, memiliki persahabatan yang indah dan berlandaskan cinta kita pada Allah.

    Terimakasih atas kado yang sangat berarti ini…. akan ipit ingat smpai kapanpun… dan tentunya ,.. janji kita… SEPAKAT ??? !!!!

    Ya ,, sekalian ipit deklarasikan disini ya Deen,… Rabb … tak henti-hentinya aku bersyukur atas salah satu nikmat yang Engkau Berikan kepadaku (diantara sekian banyak nikmat lainnya yang aku tidak bisa menghitungnya..) Engkau memberikannku teman yang selalu mengingatkanku kepada Mu .. Ya Allah.. sungguh hati-hati ini telah berkumpul dan bertemu untuk taat kepada Mu, maka kuatkanlah ikatannya, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalan Mu, dan penuhilah dengan cahaya Mu yang tidak akan pernah redup, dan lapangkanlah dada kami dengan limpahan keimananan dari Mu. Amin

    Btw.. cerita lulus cumlaude dan lulus cepat .. ah .. itu kan udah lama banget Deen.. udah 2 tahun yang lalu kali ya….:)

    Reply

  3. Posted by deen on June 22, 2007 at 1:42 am

    @anonymous : yup, thx buat doanya..:)

    @Ipit : Pit, postingan deen kali ini, kykny jadi ajang kita nangis2an bdua yah..huhuhu…
    Jazakillah ukh, atas doanya, deen jg doakeun smoga ukhuwah ini tak akan pernah lekang😉.. Soal janji🙂, Itu udah 2 taon, tp kala deen memutar slide2 kampus, kisah inilah yg plg teringat..🙂.. Skali lagi..Met Milaaaaaaaaddddddddddddd (^_^)v

    Reply

  4. Posted by Wahyu on June 22, 2007 at 4:13 am

    Amiiin, amiiin, amiiin, aku juga ikut ngaminin doa kalian berdua deh.

    Senang rasanya melihat persahabatan yg indah n mengharukan, plus doanya itu lho, Insya Allah berkah…

    Numpang jadi saksi atas janji kalian berdua ya, siapa tau jada manfaatnya juga buatku. Amin.

    Reply

  5. Posted by kang_agah on June 24, 2007 at 11:19 pm

    wah seneng ya…

    aku juga punya sobat temen sebangku dari kelas 2 SMA loh, sekarang masih kompak walau beda kampus.

    saya pikir-pikir, kenapa sama si dia ini kok lama banget sobatannya. Ternyata jawabannya cuma satu.

    Si dia membuat saya makin deket sama Allah…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s