Dialog Pagi-koe

Sering kali saat waktu begitu lapang di pagi hari entah itu saat usai meeting subuhku dalam tafakur sejenak, saat menikmati pagi di balkon atas rumahku atau saat berjalan menuju halte, menanti bus atopun saat berada di bus dalam perjalanan ke kantor. Aku berdialog dgn batin ku sendiri mengenai hari yang akan aku jalani. Dan berikut adalah satu diantaranya ketika aku berada di balkon atas rumahku. Niatnya sih cmn mo buka pintu rumah bagian atas biar udara semalam berganti baru… Tapi angin pagi begitu pintar memikat batin hingga langkah terhenti, sekalian mengendurkan sendi2 yang kaku karena lelap semalam…

Aq : “Met pagi, pagi…”

Batin : “Pagiiiii angin nya sejuk banget yak. Alhamdulillah bisa dapet pagi lagi..”

Aq: “Iya..ya tin..dinginnya ampe nyejukin pipiku.. Huwaa.. paginya fresh banget..”

Batin : “Tin..tin.. dasar kebiasaan.. ngasih nick seenak-mu..”, protesnya

Aku nyengir2 sendiri..sambil meregang tanganku sesekali ke kanan dan kiri.. Nafas ku-atur sedemikian rupa.. Kemudian, senyumku mantap menatap langit tanpa awan. Ah.. bukankah g semua insan yang kemaren dapet pagi ini..

Tiba2.

Batin : “Well, gimana agenda hari ini?? Mo ngapain aja??”

Aq : “Aduh, bisa g sih pre dulu ngomongin itu.. g liat apa.. aq tuh lagi ceria2nya ma pagi”

Batin : “Wah g bisa donk, itu kan rutinitas kita tiap ari. G ada istilah cuti klo ngomongin agenda. Nafaskan masih lanjut. Istirahatkan cuman klo dah di kubur..!!..”, protes batin ku

Aq : “Ih serem banget sih dah nyebut2 kubur pagi2 gini..”

Batin : “Ya udah.. buruan .. bentar lagi kan dah mo ngantor.. Agenda hari ni mo apa aja ..??”

Aq : “Hemm palingan sama kayak kemaren.. gitu2 aja..”, bibirku ngerucut

Batin : “Sedih banget,, semayam ama jasad yang demen ngerugiin dirinya ato ngecelakain dirinya”

Aq : “Loh..loh??.. enak aja..Kok bisa gitu??..”

Batin : “Lha emang gitu.. Barang sapa yang hari ini nya lebih baek dia lah yang beruntung. Sama dengan kemaren dia termasuk orang merugi. Dan yang lebih buruk dari kemaren dia termasuk orang yang celaka. Yah kurang lebih gitu deh. Aq juga g inget jelas sih redaksinya gmn…”

Aq : “Iya..ya.. hehehe..”

Otakku pun memutar history kemaren.. kemarennya lagi. Adakah janji yang belom tertunaikan, adakah utang yang belom terlunaskan, kewajiban yg terkhilaf, ato laennya..

Dan sederet tugas pun tiba2 mencuat.. satu demi satu ku urutkan dalam hati

Aku belom ini n itu, trus janji ku ke si ini n itu, trus.. amalan ini itu…Literatur ini itu.. huwaaa.. udah deh g mo dilanjut lagi..

Langsung nutup 2 kuping ku sambil jongkok.. terbayang betapa berat hari ini

Batin : “Iya… trus kmu blom ngerjain ini .. soal ini.. itu, sedekahmu yang tertunda!!.?. tilawahmu non!!?….bla..bla..bla”

Batin ku terus aja ngebrodol ngeluarin semua amanah2 pending-ku.. sambil nyinggung2 soal produktifitas,inovasi inilah itulah…. Bawel banget dah..!!!

Aq : “Stop..stop.. aku kan g bisa ngerjain dalam sehari..”

Batin : “Hehhehe… aku kan cuman nyebutin aja.. Silahkan kamu yg nyortirnya berdasar.. keperluan penting dan mendesak. Inget kudu seimbang antara dunia dan akhirat.. Buru !!!.. sekarang disortir!!!.”

Aq : “Kok aku ngerasa diadili gini sih.. ngerasa mo di kerangkeng ma batin sendiri”

Batin : “Loh.. mending gitu.. ketimbang di hari akhir nanti saat semuanya bungkam lalu ditanyakan untuk apa aja usiamu kamu gunakan, masa muda yang kmu habiskan, harta yang kmu dapatkan dan kmu gunakan untuk apa saja serta bgmn ilmu yang kamu pergunakan.

Aq : “Eh.. ternyata makin ari kamu tuh makin cerewet y?.. eh..eh kmu cocok deh klo jadi MC.. aku ada tuh tmn yang bisa kuhubungin mengenai job gituan.. Gmn?? Mo ga?”

Batin : “Makasih deh.. nge-mc satu kyk kamu aja.. Susahnya minta amplop..isinya ceban recek semua lagi..Capek deh..udah.. g usah keluar dari topik.. cepetan.. sebutin agenda kamu hari ini.. !!”

Aq : “Iya..iya..”, aku menyerah

Lalu aku pun satu demi satu menyusun agendaku..jari2ku mengatup satu demi satu.. sekuensial..pagi.. siang , sore n malam.. Dan..

Aq : “Udahh..”

Batin: “Baguuuss.”

Aku mantap sekali pagi ini.. Pagi ini begitu sejuk..

Aq : “Tin.. trims y dah mo jadi bagian ku”

Batin : “Sama2 non..aku paduan antara hati dan pikir mu.. Dua hal yang bedain kamu ma makhluk laennya..yang sekedar dibekali nafus dan insting. Kamu satu dari makhluk muliaNYA.. Trims juga karena masih mo berdialog denganku.. walo di sela2 lapang mu .. Aku bakal selalu ma kamu..Sepanjang harimu.. dalam tiap komentar mu terhadap fenomena, sikapmu terhadap kejadian, keputusan, pengalaman, ketentuanNya.. dll.. N oya.. ntar malam diskusi evaluasi kita.!!. Don’t forget it.!!.Kebiasaan molor-mu klo kecapean bener2 mulai g beres tuh…TANPA BA-BI-BU…hehehe :P…
Aku jg g pernah bosen ingetin kamu mengenai 24 jam yang kmu miliki.. G kurang g lebih.. tiap insan dapet itu.. Rabb begitu adil ngasih jatah masing2.. tinggal situ yg pinter2 gunain.. yang bedain adalah tanggung jwab yang kmu sadari ato g.. Baik sebagai seorang anak, kakak, cucu, teman, sahabat, bagian dari perusahaan t4-mu kerja, tetangga, calon istri(ehemm..ehem..) , calon ibu.. dll .. dan semua itu g remeh. Kata Kakek Hasan Al-Banna “Kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang kamu miliki”. Mangkanye.. tuh sikap nyante n ngeyel mu tuh… y mbok jgn dipelihara berlebihan..”

Aku mesam—mesem alone..Batinku selaen cerewet emang paling pinter ngingetin.. Alhamdulilah..🙂

Aq : “Tin.. aku siap jalani hari ini..Thx y”

Langsung bergegas siap mo kerja. Doapun ku ucapkan dalam hati. Berharap aku salah satu orang beruntung.. Dan berharap pagi besok masih milikku..

4 responses to this post.

  1. Posted by Munawir on August 26, 2006 at 3:07 am

    he he he… sayami sedeng yang pertama… btw mama dah balik ke papua… sedihnya di..??? sabarki dinda…

    Reply

  2. Posted by pyuriko on August 28, 2006 at 6:54 am

    Dialog yang bagus,…
    Antar keduanya saling mendukung,…

    Semoga hari ini Deen siap mengawali hari,… dan menjadikan hari ini hari yang lebih baik lagi…

    Reply

  3. Posted by QZoners on September 2, 2006 at 1:26 am

    Si Batin tuh adiknya yah?? Hehe… Nama lengkapnya siapa neh? Kenalan dong sama si Batin

    Reply

  4. Posted by deen on September 4, 2006 at 8:14 am

    tesss doank

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s